Renajoku

Marketing Bisnis Online

LightBlog

Jasa Arsitek - Menentukan harga atau bayaran untuk jasa arsitek memang cukup susah-susah gampang. Hal tersebut karena biaya akan sangat...

Jenis Biaya Jasa Konsultasi Arsitek Rumah


Jasa Arsitek - Menentukan harga atau bayaran untuk jasa arsitek memang cukup susah-susah gampang. Hal tersebut karena biaya akan sangat bervariatif tergantung pada fasilitas apa saja yang Anda ingin dapatkan. Beberapa orang menginginkan untuk hanya menggambarkan desain rumah, namun beberapa orang lainnya juga menginginkan penghitungan anggaran biaya pembangunan serta sebagian lainnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing orang.

Berikut berbagai metode yang biasa diterapkan oleh pihak jasa arsitek dalam menentukan biaya atau fee jasa mereka, yakni sebagai berikut :
  • Berdasarkan dari tiap meter luas bangunan yang akan dibangun. Dengan menggunakan jenis ini, maka biaya desain akan dipetimbangkan sesuai dengan tiap meter dari bangunan yang akan di desain. Dalam memilih jasa desain rumah Anda tetap harus memperhatikan harga wajar, jangan sampai Anda memilih berdasarkan harga termurah saja dan mengabaikan pengerjaan yang tidak profesional.
  • Berdasarkan dari prosentase keseluruhan biaya konstruksi. Metode penghitungan biaya jasa penggunaan jasa arsitek ini juga dapat dihitung berdasar prosentase dari keseluruhan biaya kontruksi bangunan. Jika desain bangunan yang diterapkan cukup mewah seperti dengan spesifikasi ornamen yang tinggi, kualitas material yang tinggi, bangunan dengan tingkat pengerjaan yang rumit dan detail atau pun tingkatan kesulitan yang semakin tinggi akan berpengaruh pada hitungan RAB.
  • Berdasarkan hitungan perjam tiap kali konsultasi berlangsung. Perhitungan dengan menggunakan hitungan biaya perjam setiap kali konsultasi biasanya diterapkan oleh jasa arsitek yang sudah ternama atau sudah tenar. Namun biaya yang ditetapkan akan bergantung pada pengalaman serta tingkah spesialisasi si arsitek tersebut, biaya akan lebih bervariatif.
  • Berdasarkan dengan biaya tetap atau lump sum. Menggunakan metode ini berarti penghitungan biaya ditetapkan oleh klien dan bukan oleh arsitek itu sendiri. Dengan penggunaan metode ini seorang arsitek akan secara rinci menghitung seuruh biaya yang akan ditetapkan oleh klien Anda.
  • Berdasarkan dengan cost – fee. Metode cost – fee ini hampir sama dengan metode nomer dua, namun bedanya adalah pada arsitek yang ikut serta dalam pengawasan proses pembangunan dengan mendapatkan fee sesuai total biaya pembangunan.
  • Membebaskan biaya desain jika Anda menggunakan jasa arsitek sebagai kontraktor (desain and build) dalam pengerjaan pembangunan rumah.

0 comments: